Mengenal Indonesia

Sejarah Kota Surabaya

Asal Usul Sejarah Kota Surabaya Ternyata dari Cerita Dongeng

Share this :

Kota Surabaya adalah Ibu Kota Provinsi Jawa Timur sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Timur dan menjadi kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Masyarakat yang tinggal di Surabaya mayoritas berasal dari Suku Jawa, disusul Suku Madura dan Tionghoa. Jumlah penduduknya yakni sekitar 9 juta dengan luas tanahnya 326,8 km. 

Nama Surabaya mempunyai sejarahnya sendiri, yuk simak asal usul Kota Surabaya.

Cerita Asal Usul Kota Surabaya

Di kalangan orang-orang Surabaya, cerita asal usul Kota Surabaya terbagi menjadi dua, yakni ada dongeng dan juga sejarahnya. Masing-masing ceritanya memiliki makna tersendiri dalam pembentukan Kota Surabaya.

Dongeng Asal Usul Kota Surabaya

Lambang Kota Surabaya
Sumber: pinterest.com

Kata Surabaya berasal dari dua kata, yakni sura atau suro yang artinya berani dan juga baya atau boyo yang artinya bahaya.

Dongeng yang sangat terkenal dikalangan orang-orang Surabaya tentang asal usul nama Surabaya yakni tentang pertarungan antara Ikan Hiu Sura dengan Buaya Baya.

Pertarungan antara Ikan Hiu Sura dan Buaya Baya terjadi karena perebutan wilayah. Mereka berkelahi dengan sangat sengit, saling menerjang dan menerkam.

Dalam pertarungan ini, Baya si Buaya mendapat gigitan di pangkal ekornya, sementara Sura si Ikan Hiu juga mendapatkan gigitan di ekornya hingga hampir putus.

Dongeng pertempuran antara Ikan Hiu Sura dan Buaya Baya sangat berkesan bagi orang-orang Surabaya hingga pertempuran tersebut dijadikan sebagai  lambang Kota Surabaya.

Kisah pertempuran antara Sura dan Baya juga dijadikan inspirasi dalam pembuatan kartun animasi anak-anak. Kemunculan awal kartun animasi ini dulu sangat terkenal dikalangan orang-orang Jawa Timur.

Kartun ini diberi nama Culoboyo, yang menceritakan tentang kisah antara ikan hiu culo dan buaya boyo saat masih kecil. Ceritanya dibungkus dengan menarik dan unik untuk anak-anak karena menggunakan bahasa Jawa yang kental.

Sobat MI yang ingin bernostalgia dengan kisah antara CuloBoyo dapat melihat videonya disini.

BACA JUGA: Sejarah Kota Bandung yang Lekat dengan Sosok Deandels

Sejarah Asal Usul Kota Surabaya

Selain dongeng kisah antara Sura dan Baya yang saat ini dijadikan sebagai lambang Kota Surabaya. Orang-orang Surabaya juga berpendapat bahwa asal usul Kota Surabaya berasal dari peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di tanah Surabaya pada jaman dulu.

Peristiwa tersebut yakni tentang pertempuran antara Raden Wijaya dari Kerajaan Majapahit dengan pasukan Mongol, Cina pada tahun 1293. 

Pertempuran tersebut bermula ketika tentara Tartar (pasukan kekaisaran Mongol) yang hendak menghukum Raja Kertanegara. Namun karena pada saat itu Raja Kertanegara  sudah tewas terbunuh, Jayakatwanglah yang menjadi sasaran tentara Tartar.

Setelah Jayakatwang berhasil dikalahkan, tentara Tartar bertindak bebas semau mereka. Mereka merampas harta benda dan puluhan gadis-gadis cantik untuk dibawa pulang ke Cina. 

Melihat hal tersebut, Raden Wijaya selaku raja pertama dari Kekaisaran Majapahit merasa tidak terima. Dengan kecerdikannya, Raden Wijaya beserta pasukannya menyerang tentara Tartar di Pelabuhan Galuh. 

Dengan gagah berani pasukan Raden Wijaya melawan tentara Tartar. Pertempuran yang berjalan dengan sengit tersebut akhirnya berhasil dimenangkan oleh Raden Wijaya.

Kemenangan heroik pada saat pertempuran tersebut akhirnya ditetapkan sebagai hari jadi Kota Surabaya, yakni pada tanggal 31 Mei.

Kota Surabaya memang mempunyai sejarah yang kental akan nilai-nilai kepahlawanannya, karena itulah Kota Surabaya dijuluki Kota Pahlawan.

BACA JUGA: Udah Tahu Makanan Khas Surabaya yang ini Belom?

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kita ya Sobat MI. Caranya mudah kok. Dengan klik disini. Rasakan manfaat, keasikan, dan keseruan mengenal indonesia melalui postingan di website dan akun social media mengenal indonesia.

Share this :

Leave a Comment