Mengenal Indonesia

rekomendasi pekerjaan freelance

5 Rekomendasi Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa yang Bisa Dilakukan dari Rumah!

Share this :

Tak dapat dipungkiri bahwa memiliki pemasukan tambahan dapat menjadi suatu poin plus bagi kamu yang kini masih duduk di bangku perkuliahan. Selain menambah uang jajan, memiliki pemasukan tambahan dengan bekerja bisa membantumu memahami dunia pekerjaan bahkan sebelum lulus nanti. 

Kali ini, penulis akan membagikan rekomendasi pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang bisa dilakukan dari rumah atau langsung datang ke tempat kerja. Yuk, simak ulasan di bawah ini ya Sobat MI!

1. Penulis Freelance

rekomendasi pekerjaan freelance
Sumber: istockphoto.com

Rekomendasi pekerjaan freelance yang pertama ialah menjadi seorang penulis. Apabila kamu seseorang yang gemar membaca atau menulis, maka hobi emas ini jangan disia-siakan begitu saja Sobat. 

Kini terdapat banyak website yang mau menampung tulisanmu lho, bahkan tidak jarang membayar dengan harga fantastis. Kamu juga bisa mengirim berbagai jenis tulisan, seperti artikel ringan, esai, opini, bahkan hingga cerpen atau puisi. 

Ga hanya itu, kalau kamu tertarik banget untuk mengirimkan tulisan ke berbagai surat kabar, maka kini kamu dipermudah dengan proses pengiriman melalui surat email. Kamu cukup menunggu sesuai ketentuan (biasanya 2 minggu) untuk mendapat kabar atau tidak sama sekali. Apabila setelah jangka yang diberikan kamu masih belum menerima kabar, artinya tulisanmu masih belum lolos kurasi Sobat. 

2. Content Creator

rekomendasi pekerjaan freelance
Sumber: binus.ac.id

Content Creator menjadi pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang gemar berselancar bebas di dunia maya selama berjam-jam. Pastinya kamu sedikit banyak tertarik bukan untuk terjun ke dunia kreatif ini? Yap, kini content creator menjadi suatu pekerjaan yang ga bisa dianggap remeh guys. 

Melalui berbagai platform seperti Tiktok, Youtube, sampai Instagram, kamu bisa mengkreasikan ide-ide yang kamu inginkan lho. Apabila kamu masih merasa canggung atau mungkin karya yang kamu buat belum dinotice banyak orang, maka jangan berhenti membuat ya. Salah satu kunci dari Content Creator adalah konsisten Sobat!

Baca Juga: Apa Itu Digital Nomad? Profesi Unik di Era Digital

3. Photographer atau Videographer

rekomendasi pekerjaan freelance
Sumber: unsplash.com

Apakah kamu seseorang yang senang memotret momen-momen indah atau pemandangan cantik? Kalau iya, rekomendasi pekerjaan freelance berikutnya adalah photographer atau videographer

Keduanya memiliki konsep yang sama untuk menyimpan berbagai memori indah dalam sebuah kamera. Kamu mungkin bisa mencoba untuk bekerja sebagai seorang photographer bagi majalah lokal, acara wedding, maupun menjual berbagai karyamu ke forum-forum photography seperti Pexels atau Pixabay

4. Barista

rekomendasi pekerjaan freelance
Sumber: unsplash.com

Rekomendasi pekerjaan freelance selanjutnya adalah barista. Ga bisa dipungkiri kalau dua tahun belakangan ada banyak kafe-kafe yang berjamuran di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, ada berbagai tema berbeda yang diangkat setiap kafe. 

Mulai dari gaya industrial, perpaduan dengan wisata alam, minimalis, dan masih banyak lagi. Nah, profesi sebagai barista mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat bagimu sobat. Kini ada banyak kok kafe yang membuka lowongan pekerjaan part time bagi baristanya. 

Selain suasana kafe yang nyaman, bekerja sebagai barista juga menjadi pengalaman yang baru karena kamu akan bertemu dengan orang yang berbeda dan memiliki karakter berbeda setiap harinya. 

5. Bisnis Online

rekomendasi pekerjaan freelance
Sumber: merchantmaverick.com

Terakhir, ada bisnis online. Bisnis online menjadi pekerjaan freelance di rumah dan cocok banget untuk mahasiswa. Kamu ga perlu repot-repot keluar dan bertemu banyak orang apabila kamu merasa kurang nyaman. 

Akan tetapi, pekerjaan ini memang membutuhkan keuletan luar biasa hingga bisa menghasilkan omset ratusan juta. Salah satu aspek dalam bisnis online yang tak boleh ketinggalan adalah digital marketing

Buat kamu yang ingin berbisnis online, tetapi masih asing dengan digital marketing, maka jangan khawatir. Mengenali Indonesia sedang membuka webinar digital marketing yang siap membantumu mengupas tuntas digital marketing dengan tepat. So, jangan lupa untuk stay tunned di Instagram Mengenali Indonesia ya!

Nah, di atas adalah beberapa rekomendasi pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang simple dan bisa kamu lakukan di mana saja. Pemasukannya sendiri memang terbilang tidak banyak, tetapi akan sangat cukup apabila kamu tekuni secara terus-menerus.

Belum lagi jika pekerjaan yang kamu lakukan merupakan bagian dari sebuah hobi, tentunya hal ini dapat dilakukan dengan lebih menyenangkan dan sangat mengasah kemampuanmu lebih lagi. So, selamat mencoba Sobat MI!

About Post Author

Leave a Comment

Education Template